Voucher Belanja Hadiahnya, Kenangan Manisnya Memotivasi Kerja

16 Aug 2016


Mari tulis dan kirim artikel blog tentang arti pentingnya penghargaan pada “Sodexo Blog Contest 2016″  (Klik gambar di atas atau pada link berikut ini http://sodexoevent.com/blog-contest/)

Everybody loves surprises. Kata orang Inggris, “semua orang menyukai kejutan.” Apalagi ketika kejutannya menyenangkan. Baik penerima maupun pemberi kejutannya akan sama-sama bahagia. Ah, hadiah itu memang membuat wajah cerah, setuju?

Pasti karena itu ya, makna penghargaan lebih dari pemberian barang sebagai hadiah. Intinya penghargaan itu adalah “bentuk pengakuan atas pencapaian dan prestasi seseorang”. Memang sih, tak semua orang semata mengejar penghargaan dengan bersusah-payah saat meraih suatu prestasi. Selama hasil kerjanya bermanfaat, maka cukuplah sudah itu menjadi penghargaan.

Padahal, tak ada salahnya lho dengan mengharapkan penghargaan. Minimal, seseorang dapat mengukur kemampuannya sendiri dengan dibandingkan kemampuan orang lain sehingga selalu termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri. Semakin baik kualitas seseorang, maka semakin besar pula peluangnya memperoleh penghargaan.

Saat masih sekolah dan kuliah, penghargaan untuk siswa dan mahasiswa jelas lebih terfokus pada kemampuan akademisnya. Contohnya para pelajar yang mampu memperoleh nilai terbaik – pastinya dicapai dengan cara yang baik dan halal – maka akan memperoleh penghargaan dari sekolah dan kampusnya. Pengalaman saya, sesederhana apapun penghargaannya, bagi anak sekolahan dan kuliahan, selalu senang saja rasanya menerima penghargaan. Bahkan misalnya dengan ‘hanya’ dipuji oleh dosen atau guru di depan seisi kelas. Wah, pujian itu otomatis membuat percaya diri sekaligus memotivasi semangat belajar. Percaya deh!

Siapapun karyawannya, pasti akan senang memperoleh penghargaan dan pengakuan atas prestasi kerjanya dari perusahaan tempatnya bekerja (Sumber Ilustrasi 1 : http://in.benefits-rewards.sodexo.com/clients/gift-pass)

Setelah bekerja, saya semakin memahami arti pentingnya penghargaan dari perusahaan kepada para karyawan. Itu bermula dari melihat langsung pengalaman Bapak saya ketika beberapa tahun lalu sedang memasuki masa pensiunnya setelah lebih dari seperempat abad bekerja di kantor yang sama. Beliau sudah berada dalam periode kerja yang lazim disebut ‘Masa Persiapan Pensiun/MPP.’ Sedangkan Lebaran sudah di depan mata. Bapak tak lagi memperoleh gaji secara penuh. Begitu pula dengan besaran insentif Tunjangan Hari Raya/THR beliau.

Saat itu, saya juga belum bisa membantu banyak secara keuangan keluarga karena baru saja bekerja sebagai pengajar. Ibu dan ketiga orang adik saya pun sudah rela merayakan Idul Fitri dengan suasana yang sederhana dan ala kadarnya. Apalagi adik-adik saya masih kuliah. Uang yang ada jelas lebih diprioritaskan ke pos pendidikan.

            Namun, syukur Alhamdulillah, rezeki memang selalu menghampiri orang yang lurus hati dan bekerja dengan penuh dedikasi. Siapa sangka, seminggu menjelang Lebaran, Bapak mendapatkan berita luar biasa gembira dari kantornya. Laporan keuangan dari divisi kerja yang dikepalai beliau terpilih sebagai laporan keuangan terbaik dan terpercaya. Sebagai bentuk penghargaan, perusahaan memberikan Bapak hadiah berupa sejumlah voucher belanja Sodexo. Seingat saya, nominalnya mencapai jutaan.

Gift Pass Sodexo sangat efektif dan efisien digunakan sebagai salah satu bentuk penghargaan (Sumber Ilustrasi 2 : http://giftpass.sodexomerchant.com/)

Jadilah setelah voucher belanja yaitu Gift Pass Sodexo diterima, maka kami sekeluarga pun pergi berbelanja dengan hati riang gembira. Kami lalu bersama menuju salah satu supermarket besar di daerah Jakarta Barat yang termasuk merchant Sodexo. Seisi rumah diizinkan Bapak untuk berbelanja sesuai kebutuhan masing-masing.

Maka, Bapak – sebagai salah seorang pengurus masjid di sekitar rumah - lantas membeli kain sarung dan baju koko. Ibu lebih memilih untuk membeli keperluan Lebaran seperti makanan dan minuman daripada pakaian. Saya membidik sejumlah pakaian dan sepatu kerja karena belum memiliki koleksi yang cukup layak untuk dipakai selama seminggu bekerja. Adik-adik saya langsung memasukkan tas dan sepatu ke keranjang belanja untuk keperluan kuliah mereka. Singkatnya, kehadiran penghargaan berbentuk voucher belanja Sodexo tersebut sangat bermanfaat dan tepat guna bagi kami sekeluarga.

Belajar dari pengalaman manis di akhir masa kerja Bapak, saya jelas terinspirasi untuk juga mampu memiliki kinerja profesional sebaik – bahkan idealnya bisa jauh lebih baik – dari beliau. Harapan untuk membahagiakan keluarga dan orang-orang di sekitar saya jika berhasil memperoleh penghargaan terus memotivasi saya.

Atas izin Allah swt pula, saya diamanahi berbagai penghargaan dari tempat pertama mengajar hingga sekarang yang ketiga. Mulai dari promosi karir, piagam penghargaan, bonus atau insentif berupa uang tunai ,liburan gratis, hingga barang (seringnya elektronik). Sesuai bayangan saya sebelumnya, beragam bentuk penghargaan tersebut saya nikmati bersama keluarga maupun karib kerabat.

Sodexo menyediakan beragam voucher yang dapat diberikan kepada karyawan perusahaan sebagai bentuk apresiasi prestasi dan memotivasi mereka selama bekerja (Sumber Ilustrasi 3 : http://ph.sodexo.com/home.html)

Semua penghargaan yang sudah dan pernah saya terima di tempat kerja pastinya membawa kenangan yang berkesan dan menyenangkan. Namun, uniknya ada jenis penghargaan yang masih membuat saya penasaran karena belum kesampaian, bahkan hingga saat ini. Apakah penghargaan yang begitu saya idam-idamkan itu?

Satu waktu, setengah berkelakar plus curhat, saya bertanya kepada Bapak saya saat makan malam, “Pak, kapan ya Mbak dapat penghargaan yang seperti Bapak terima waktu mau pensiun dulu? Mbak kan juga pingin dikasih hadiah yang seperti itu.” Bapak malah balik bertanya, “Lho, bukannya kamu sudah pernah dapat macam-macam penghargaan dari kampusmu? Yang seperti apa tho yang kamu masih tunggu hadiahnya?” Spontan saya berujar, “Itu lho, Pak. Penghargaan yang isinya voucher belanja Sodexo. Supaya kita sekeluarga bisa belanja bareng lagi hehehe…..” Bapak hanya bisa tersenyum kecil mendengar celotehan putrinya. Ibu yang heboh berkomentar, “Oalah! Ibu doakan, nanti dapat penghargaan voucher dari tempat selain kampusmu.” Adik saya ikut buka suara, “Amin!”

Voucher belanja Sodexo dapat digunakan secara nasional maupun internasional (Sumber Ilustrasi 4 : http://www.editus.lu/en/sodexo-benefits-rewards-services-sa-bertrange-12534)

Ternyata, doa Ibu saya terkabulkan. Doa beliau dan mimpi saya menjadi kenyataan setelah saya menekuni dunia blogging sejak tahun 2014. Syukur Alhamdulillah, sekitar setengah tahun setelah pertama kali aktif menulis artikel blog, kumpulan tulisan saya mulai memperoleh penghargaan. Voucher belanja Sodexo termasuk hadiah dari lomba blog maupun insentif acara liputan serta honor artikel reportase yang pernah saya ikuti. Bahkan Bapak dan Ibu saya sampai berpesan, “Mbok ya, kalau dikasih voucher, pilih yang voucher belanja Sodexo saja. Bisa buat belanja di banyak tempat.” Ada-ada saja ya ‘pesan sponsor’ dari orang tua saya hahaha….

Penghargaan berbentuk voucher belanja Sodexo dari aktifitas saya sebagai blogger semakin berkesan kenangannya karena menjadi hadiah dari lomba blog yang pertama kali saya menangkan. Sebelumnya saya sempat frustrasi dan sampai meragukan diri sendiri dengan bertanya dalam hati, “Tulisan saya apa pas-pasan banget ya? Kok belum ada yang menang lomba selama hampir setahun menulis blog? Hiks!” Wajarlah saat pertama kali menang lomba blog, di akhir tahun 2014, momen itu sangat membekas memorinya bagi saya. Tambah senang lagi ketika mengetahui bahwa selain memperoleh paket traveling yang dibiayai, para pemenang lomba blog juga diberi voucher belanja Sodexo sejumlah Rp.500.000,- selama 2 hari perjalanan.

Voucher belanja dari Sodexo memberikan penghargaan sekaligus banyak kenangan manis bagi penerimanya (Sumber Ilustrasi 5 : http://www.bukopin.co.id/programpromo/catalog_vouch_sodexho.htm)

Berhubung saat itu saya sudah membawa uang tunai yang cukup, maka voucher belanja Sodexo yang saya peroleh dari pihak penyelenggara lomba tak segera saya belanjakan. Sengaja saya simpan dulu agar bisa saya hadiahkan kepada orang-orang yang turut mendukung lancarnya proses keberangkatan saya sebelumnya.

Sepulangnya dari traveling, sebuah voucher belanja Sodexo senilai Rp.100.000,- saya hadiahkan ke adik kelas di tempat kos yang telah berbaik hati meminjamkan tas gunungnya untuk saya pakai. Dia girang bukan kepalang saat menerima selembar voucher itu. Sebagai pecinta buku sejati, malamnya dia langsung membeli buku yang sudah diincarnya sejak lama ke toko buku terbesar berskala nasional yang termasuk salah satu merchant Sodexo di Indonesia. Senyum terus mengembang di wajahnya yang manis itu setelah buku idamannya berhasil dibelinya.

Voucher belanja Sodexo dapat digunakan pada 269 merchants dan 14,170 outlets di seluruh Indonesia (Sumber Ilustrasi 6 : http://www.mitragrosirku.com/LoyaltyPortal/index.php/site/product/mgk)

Sisa voucher belanja Sodexo sebesar Rp.400.000,- saya serahkan ke Bapak dan Ibu di rumah. Pucuk dicinta ulam tiba. Blender yang biasa dipakai untuk membuat jus buah dan sayur bagi mereka baru saja rusak. Padahal, sebagai orang lanjut usia, demi menjaga kesehatan mereka, dokter mewajibkan orang tua saya agar rutin meminum segelas jus buah dan sayur segar setiap harinya. Maka, Sodexo Gift Pass itu pun langsung dibawa Bapak menuju supermarket terdekat dari rumah - yang termasuk merchant Sodexo – untuk dibelikan blender baru, Alhamdulillah.

Penghargaan diperlukan oleh setiap orang sebagai bukti pengakuan atas kualitas dirinya. Bentuk penghargaan pun sangat beragam bentuknya, dari ucapan lisan sampai piagam penghargaan. Namun, apapun bentuknya, kenangan manis dan manfaat nyata suatu penghargaan pastinya selalu ditunggu banyak orang.

Penghargaan memang sangat berpotensi untuk mengoptimalkan kualitas diri pada setiap orang (Sumber Ilustrasi 7 : http://sodexobenefits.co.id/)

Artikel terkait penghargaan lainnya :

Sodexo Voucher, Sukses Membuat Otak Semakin Encer

Ikut Lomba karena Hadiahnya atau Pengalamannya?


TAGS ArtiPentingPenghargaan GiftPassSodexo LombaBlogSodexo2016 MerchantSodexo SodexoBenefitsAndRewardsIndonesia SodexoVoucherIndonesia VoucherBelanjaIndonesia KenanganManisVoucherSodexo SodexoIndonesia SodexoMotivationSolutionsIndonesia


-

Author

Search

Recent Post