Petugas Kebersihan, Pahlawan Masa Kini di Pusat Perbelanjaan

30 Aug 2016


          

Selain kelengkapan barang dan akses kendaraan, aspek kebersihan juga turut menjadi faktor utama suatu pusat perbelanjaan atau mall ramai dikunjungi orang. Pengalaman saya dan kebanyakan pengunjung mall lainnya membuktikan tempat yang selalu bersih dan terawat baik membuat betah berlama-lama di dalam mall. Terutama saat pengunjung mall harus ‘ke belakang’ alias ke toilet.

Selama ini, saya sering memperhatikan kebersihan kamar kecil di setiap mall yang pernah saya kunjungi di daerah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. Bukan apa-apa. Pepatah bijak orang tua bilang, “Kebersihan suatu tempat itu bisa dinilai dari kamar mandinya”. Namanya juga kan kamar mandi. Tempatnya cenderung tertutup dan ditaruh di belakang sehingga tak semencolok taman, teras, atau bagian depan bangunan. Kalau kamar mandinya aja sudah bersih, biasanya tempat lainnya juga kece dan oke. Setuju?

Setelah puas menikmati wahana permainan seperti di “Timezone Supermal Karawaci”, pengunjung mall pasti ingin membersihkan diri dari keringat di toilet (Sumber Ilustrasi 2 : http://www.supermalkarawaci.com/tenant/matahari-timezone/)

Nah, memang terbukti bahwa urusan kebersihan itu penting, banget! Saya selalu senang waktu menjumpai mall yang toiletnya bersih dan harum. Bukan cuma itu. Ketika hendak masuk toilet, ada petugas kebersihan yang ramah dan siap sedia ketika pengunjung bingung dengan fasilitas di toilet mal.

Contoh paling sederhananya adalah alat atau mesin pengering tangan. Ada yang cukup meletakkan telapak tangan di bawah mesinnya, ada juga yang harus memasukkan telapak tangan ke dalam alat pengeringnya. Nah, belum tentu semua orang tahu lho. Lalu, paling senang juga waktu masuk toilet mall, petugas kebersihan (cleaning service) langsung tanggap menunjukkan lokasi kamar mandi yang kosong. Jadi pengunjung toilet tidak perlu lagi menebak-nebak pintu toilet yang tertutup. Apalagi kalau sedang kebelet, bawaannya kan pengen secepat kilat masuk kamar mandi. Pengalaman pribadi hehehehe….

Pengunjung mall pasti senang dengan toilet yang bersih dan harum serta petugasnya yang ramah sekaligus sigap (Sumber Ilustrasi 3)

Makanya ketika saya menjumpai toilet mall yang jorok, bau, dan petugas kebersihannya cuek, okelah kalau begitu. Cukup tahu sekali saja deh. Setelah itu, jangan harap saya akan datang ke mall itu lagi. Terlebih sampai merekomendasikannya ke orang lain. Tahu sendiri kan, banyak orang yang ingin rileks dengan berjalan-jalan di mall bersama keluarga maupun teman di akhir pekan.

Biasanya tidak cukup setengah jam di mall. Hitunglah mulai dari window shopping, nonton film, belanja, lalu makan dan sholat (seringnya antara Ashar dan Maghrib, waktu terbanyak orang mengunjungi mall). Minimal satu jam deh di mall. Terus, waktu pingin ke toilet mall, tempatnya enggak bersih? Wah, langsung bad mood itu pastinya! Sepakat kan, terutama bagi para wanita dan ibu yang membawa anak ke mall.

Jika lantai atau wastafel toilet basah, pengunjung mall bisa mengingatkan dengan sopan petugas kebersihan yang ada di sana untuk segera mengelapnya (Sumber Ilustrasi 4)

Jadi, di hari kemerdekaan Indonesia ke-71, saya menyimpulkan bahwa “Pahlawan Masa Kini”itu (salah satunya) adalah “Para Petugas Kebersihan di Pusat Perbelanjaan”. Tanpa kehadiran mereka, bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya suatu mall. Di hari kerja, masuk toilet mall itu tidak perlu antri karena umumnya pengunjung mall hanya orang kantoran yang sedang ada urusan kerjaan atau makan siang. Namun saat akhir pekan dan hari libur nasional – termasuk tanggal 17 Agustus – pastinya mall sangat ramai dikunjungi banyak orang, terutama anggota keluarga yang ingin bersantai. Tambahkan pula selama tanggal muda setelah gajian, wah mall jelas semakin padat!

Supermal Karawaci menyediakan premium toilet mall pertama di Indonesia sejak akhir Agustus 2015 lalu untuk memanjakan para pengunjungnya (Sumber Ilustrasi 5)

Oleh karena itu, baik pengunjung maupun pemilik mall harus mengapresiasi kerja keras para petugas kebersihan. Pengunjung bisa membalas senyum dan mengucapkan terima kasih saat mereka menyapa dengan ramah. Bisa juga ketika melihat ada lantai atau bagian lainnya dari toilet yang basah dan harus segera dilap, seperti pada wastafel, kita bisa sedikit membantu dengan cara memberitahukannya kepada mereka dengan sopan.

Lokasi strategis, koleksi lengkap, dan kebersihan diprioritaskan menjadi faktor penting seseorang yang hendak mengunjungi pusat perbelanjaan seperti yang telah tersedia di Supermal Karawaci (Sumber Ilustrasi 6 : http://www.supermalkarawaci.com/)

Bagi pemilik mall, petugas kebersihan di mall layak diberi insentif dan tunjangan gaji yang memadai sesuai standar UMR nasional. Para cleaning service tersebut – sekalipun tak langsung – juga termasuk staf terdepan marketing suatu mall lho. Selama toilet bersih dan nyaman serta harum, pengunjung mall tak apa kalau harus membayar. Contohnya dengan hadirnya “Premium Toilet di Supermal Karawaci” sejak September 2015 lalu. Cukup membayar Rp. 5.000, pengunjung sudah bisa menikmati layanan dan fasilitas toilet sekelas bintang lima (Michelin star).

Bagi para ibu dan anak, toilet yang nyaman serta petugas cleaning service yang siap siaga sangat mutlak kehadirannya di mall apapun, contohnya pada toilet khusus ibu dan anak di Supermal Karawaci (Sumber Ilustrasi 7)

Profesi petugas kebersihan (sekilas) memang terlihat sepele dan remeh. Namun, kehadiran mereka di manapun dan kapanpun, khususnya di toilet mall, pastinya akan membuat suasana belanja semakin nyaman dan menyenangkan. Itulah arti sejati seorang pahlawan yang hadirnya bermanfaat untuk banyak orang. Salam kebersihan. Jayalah Indonesia di HUT ke-71. Sejahteralah kehidupan para petugas kebersihan yang menjadi pahlawan masa kini.

Profesi petugas kebersihan memang terlihat sederhana, namun dampaknya luar biasa di manapun dan kapanpun mereka berada #PahlawanMasaKini (Sumber Ilustrasi 8)


TAGS SUPERMALKARAWACI PAHLAWANMASAKINI PetugasKebersihan ToiletMall CleaningService PremiumToilet KebersihanMall KebersihanPusatPerbelanjaan


-

Author

Search

Recent Post